Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini Bisa Dilakukan Sekarang

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini Bisa Anda Lakukan Mulai Sekarang – Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang harus selalu dijaga karena jantung merupakan organ yang memompa darah ke seluruh tubuh dan merupakan tumpuan tubuh kita. Sama seperti penyakit lainnya, tidak ada orang yang ingin terkena penyakit jantung karena jika jantung bermasalah maka akan mempengaruhi keadaan tubuh secara keseluruhan.

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian paling umum di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, seperti gaya hidup yang tidak sehat dan faktor keturunan. Gaya hidup yang tidak sehat sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung. Terlalu sering merokok, minum minuman beralkohol, dan kurang tidur, dapat merusak kinerja jantung.

Baca Juga: Sakit Gifi Pada anak? Lakukan hal Ini!

Selain gaya hidup yang tidak sehat, faktor usia seseorang juga mempengaruhi munculnya penyakit jantung. Pria di atas 45 dan wanita di atas 55 memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Dengan semua itu, jagalah kesehatan jantung Anda sejak dini, sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi sewaktu-waktu. Berikut beberapa cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak dini yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Rutin Mengonsumsi Ikan

Makan makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit jantung. Banyak ikan, seperti salmon, tuna, sarden, dan herring, kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Usahakan makan ikan setidaknya dua kali seminggu. Jika Anda khawatir tentang efek samping makan ikan, kabar baiknya adalah, menurut penelitian, manfaat ikan cenderung lebih besar daripada risikonya.

Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan penyakit kronis lainnya. Jika Anda seorang perokok, segera hentikan atau kurangi frekuensi merokok, dan bagi Anda yang tidak merokok, jangan pernah memulai.

Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor yang menurunkan kesehatan jantung. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah selalu memeriksakan tekanan darah secara rutin. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, mulailah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.

Mengkonsumsi Lemak Baik Bukan Trans

Kita membutuhkan kandungan lemak dalam makanan kita, termasuk lemak jenuh, tak jenuh ganda, dan tak jenuh. Satu lemak yang tidak kita butuhkan yaitu lemak trans, yang diketahui meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke seumur hidup. Lemak trans akan menyumbat arteri Anda dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Dengan menghentikan konsumsi kandungan lemak trans, Anda meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Lemak trans adalah lemak yang diproduksi industri yang sering digunakan dalam makanan panggang kemasan, makanan ringan, margarin, dan makanan cepat saji.

Mengurangi Minuman Beralkohol

Mengurangi minuman beralkohol dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, minum terlalu banyak alkohol dapat menambah kalori yang signifikan bagi tubuh dan menyebabkan penambahan berat badan. Tekanan darah tinggi dan berat badan berlebih merupakan beberapa faktor munculnya penyakit jantung pada seseorang, jadi sebaiknya jauhi dua hal ini.

Tidurlah Yang Cukup

Tidur merupakan sebuah bagian penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, terlepas dari usia Anda atau kebiasaan kesehatan lainnya.

Satu studi yang mengamati 3.000 orang dewasa di atas usia 45 menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam dua kali lebih mungkin mengalami stroke atau serangan jantung dibandingkan orang yang tidur enam sampai delapan jam per malam.

Berolahraga Secara Teratur

Melakukan olahraga secara teratur dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya dapat menyehatkan jantung dan menjauhkan risiko penyakit jantung. Saat Anda berolahraga, aktivitas fisik yang Anda lakukan dapat meningkatkan fungsi jantung dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Olahraga teratur dapat membantu Anda mengontrol berat badan dan gula darah, yang biasanya menjadi penyebab penyakit jantung.

Hindari Duduk Terlalu Lama

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian menunjukkan bahwa duduk terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda, tidak peduli seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan. Ini adalah berita buruk untuk banyak orang yang duduk di tempat kerja sepanjang hari.

Ketika melihat hasil gabungan dari beberapa studi observasional yang melibatkan hampir 800.000 orang, para peneliti menemukan bahwa pada mereka yang paling banyak duduk, terjadi peningkatan 147 persen pada kejadian kardiovaskular dan peningkatan 90 persen pada kematian yang disebabkan oleh kejadian ini.

Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya bisa menyebabkan diabetes, tetapi juga dapat menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung. Hal ini karena gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung dan pembuluh darah.

Beberapa upaya untuk mengurangi risiko diabetes adalah dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan mengurangi asupan gula. Selain itu, periksa kadar gula darah secara rutin, terutama jika Anda berusia di atas 45 tahun.

Hindari Gaya Hidup Pasif

Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang duduk terlalu lama akan berbahaya bagi kesehatan, meskipun ia telah melakukan olahraga sesering mungkin. Studi tersebut mengungkapkan bahwa dari 800.000 peserta penelitian, ada peningkatan hingga 147% dalam kondisi jantung dan peningkatan 90% dalam kematian.

Artinya pekerja kantoran atau mereka yang sering harus duduk lebih rentan terkena penyakit jantung. Kelompok ini juga harus lebih proaktif mencari solusi dan cara strategis menjaga kesehatan jantung.

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan jantung bagi Anda adalah dengan terus mencari peluang untuk lebih aktif sepanjang hari, meski didominasi oleh aktivitas duduk, seperti menaiki tangga, melakukan olahraga ringan atau olahraga saat istirahat, hingga melakukan olahraga secara teratur.

Menjaga Berat Badan Ideal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berat badan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Jika berat badan di atas rata-rata, semakin tinggi potensi penyakit seperti hipertensi dan diabetes yang dapat memicu penyakit jantung.

Banyaknya kalori makanan atau minuman yang terus menumpuk tanpa ada upaya untuk menurunkan berat badan, akan menyebabkan penumpukan lemak di sekitar jantung, termasuk pembuluh darah. Jika tersumbat atau menyempit, maka organ jantung berpotensi rusak, tersumbat atau terkena stroke.

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan jantung bisa dimulai dengan mencari tahu berat badan ideal Anda, kemudian mencoba mengurangi asupan kalori yang diimbangi dengan olahraga teratur. Konsultasikan kebutuhan Anda agar semakin jauh dari risiko serangan jantung mendadak.

Anda juga bisa melakukan perawatan dengan metode pijat, dengan dipijat mungkin bisa sedikit memberikan manfaat untuk kesehatan jantung Anda. Anda bisa melakukan pemesanan jasa pijat panggilan melalui website berikut ini https://gomassageindonesia.com order layanan Go Massage Indonesia.

Selalu jaga kesehatan sejak dini dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat yang tinggi nutrisi untuk melindungi jantung. Jangan terlambat ke dokter jika memiliki satu atau lebih gejala yang berhubungan dengan penurunan fungsi jantung. Selain itu, lengkapi juga diri Anda dan keluarga dengan produk asuransi kesehatan terbaik. Demikian ulasan tentang Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini Bisa Anda Lakukan Mulai Sekarang semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *