SINTA: Website Index Jurnal Akreditasi Nasional

SINTA adalah website informasi yang meng index jurnal Nasional di bawah naungan kementrian riset dan teknologi atau badan riset dan teknologi nasional secara langsung. Singkatan dari SINTA itu sendiri adalah Science and Technology Index, kalau merujuk dari singkatan nya sih memang tidak relevan. Kalaupun ingin menjadi singkatan bisa SIT saja tanpa menambahkan A. Hanya saran saja tidak untuk diseriusi.

Website ini sangat baik bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas jurnal atau sedang melakukan penelitian tugas akhir untuk mendapatkan referensi menarik yang satu korelasi, agar referensi hasil penelitian yang kita lakukan bisa saling menguatkan antar satu referensi dan lain nya.

Selain itu, website ini juga sudah didukung oleh ARJUNA atau biasa kita kenal dengan Akreditasi Jurnal Nasional, yang menyebabkan seluruh jurnal yang ada di SINTA sudah memiliki standar atau kualitas internasional juga seperti scopus, ieee, dan website jurnal index lain nya. Sama seperti website jurnal pada umumnya, di SINTA kita juga bisa mengajukan online submission di mana kita bisa mempublikasikan hasil penelitian S1 atau bahkan penelitian S3 kita ke website tersebut, tujuan nya adalah untuk membantu mahasiswa lain dalam mencari referensi jurnal terkait.

Sebagai informasi, sebagai negara berkembang dan jumlah penduduk yang lebih banyak untuk kawasan Asia Tenggara. Jumlah publikasi jurnal kita masih kalah banyak dibandingkan dengan jumlah publikasi jurnal dari negara tetangga kita seperti Malaysia. Karena banyak dari mahasiswa kita tidak terlalu serius dalam mengembangkan atau mengerjakan jurnal mereka sehingga sedikitnya publikasi jurnal yang diterbitkan. Bila kita menilik, lulusan sarjana baik dari kampus negeri maupun swasta di Indonesia jumlah nya sangat besar. Tetapi harus diakui juga, jumlah tersebut masih kalah juga dari negara tetangga. Mungkin negara kita harus bisa mempromosikan kalau kuliah itu mengasyikkan.

Sebagai website pencari jurnal yang sudah ter akreditasi, SINTA juga memberikan akses full untuk para pengunjung atau member untuk mencari dan download beberapa jurnal yang ada. Cara mencari jurnal akreditasi di SINTA juga tidak terlalu sulit, dan fitur filter nya sama seperti website index jurnal pada umum nya. Yang membedakan adalah SINTA adalah tempatnya publikasi jurnal Nasional atau wadah bagi institusi pendidikan Indonesia.

Sebagai mahasiswa, saya juga mengajak untuk rekan rekan sejawat agar bisa memberikan kontribusi yang nyata terhadap negara kita, karena hasil penelitian kita yang bisa terbit di SINTA bisa membantu menyelesaikan beberapa permasalahan yang ada di Indonesia untuk kedepan nya. Silahkan akses website nya di halaman www.sinta.ristekbrin.go.id. Ditunggu ya teman teman jurnal hasil penelitian kalian, tetap semangat ber kontribusi di masa pandemi covid-19 ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *