Fungsi dan Prinsip Kerja Dari Sensor

Sensor merupakan suatu device atau perangkat elektronik yang digunakan untuk mengukur suatu besaran atau satuan tertentu. Biasanya, sensor terdapat pada bagian ujung dari satu perangkat atau kita kenal dengan sebutan probe. Dalam pengoprasiannya, sensor dibantu oleh suatu alat kontrol, bisa berupa mikro kontroller, PLC, Scada, ataupun lainnya yang merupakan alat kontrol.

Sebelum sensor siap untuk digunakan, pertama tama kita harus melakukan programming terlebih dahulu agar sensor yang kita pasang bisa melakukan pembacaan besaran yang ingin kita ukur. Dalam contoh kasus ini kami memberikan contoh device controller berupa mikro kontroller.

Untuk memulai proses pengambilan data, sensor harus melewati proses kalibrasi terlebih dahulu untuk mengetahui, sudah sesuai atau belum nilai pembacaan yang telah diukur. Jika telah melewati proses kalibrasi dan dinyatakan sensor tidak memiliki performa jelek, maka sensor tersebut bisa kita tempatkan ke satu tempat atau alat untuk mengambil data.

Fungsi Sensor

Sebagaimana kita ketahui, sensor berfungsi sebagai alat ukur untuk membantu proses pekerjaan manusia yang memiliki keakuratan dan pembacaan secara realtime, seperti dalam mengukur suhu dan perubahannya atau juga bisa mengukur kecepatan angin dan aliran air, dan masih banyak yang lainnya.

Fungsi dari sensor juga bisa kita katakan sederhana, karena kita hanya meletakkan probe sensor lalu kita menunggu hasil dari pengukurannya, setelah itu kita bisa memantu dari monitor yang sudah terhubung. Tapi untuk mendapatkan data secara update tersebut, diperlukan proses koding terlebih dahulu ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Prinsip Kerja Sensor

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya jika sensor hanyalah sebagai probe atau ujung tombak dalam proses pengukuran, prinsip kerja sensor dapat kita gambarkan seperti diagram block di bawah ini.

Dari gambar di atas kita bisa menarik kesimpulan dengan sederhana, kalau prinsip kerja dari sensor juga sangat erat kaitannya dengan device lainnya untuk menjadi satu kesatuan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa prinsip kerja sensor adalah saat probe dari sensor mengenai media yang hendak kita ukur, seperti aliran air. Maka, sensor tersebut akan berputar dengan kecepatan tertentu. Dari putaran tersebut, sensor mengirimkan sinyal digital ke mikrokontroller, kemudian dari proses mikrokontroller terebut dapat ditampilkan langsung di monitor. Biasanya, monitor yang digunakan berupa LCD 16×2.

Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga artikel yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian yang membaca. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *