Mengenal apa itu blockchain di dunia crypto

Dunia blockchain belakangan ini semakin populer di Indonesia. Sejak keingintahuan publik yang besar di dunia cryptocurrency, pencarian teknologi blockchain juga meningkat.

Tidak hanya di komunitas IT, tetapi juga di kalangan masyarakat umum, teknologi ini menjadi semakin familiar. Fenomena yang berawal dari perkembangan teknologi internet ini semakin menjadi perhatian publik.

Jadi, apa sebenarnya teknologi blockchain itu? Apa hubungannya dengan aset mata uang kripto? Bagaimana teknologi ini bisa mengubah dunia? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, mari kita lihat gambaran umum berikut ini.

Apa itu blockchain?

Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan digital atau database yang dikombinasikan dengan kriptografi. Penggunaannya terkait erat dengan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Namun, ada banyak bidang lain yang dapat mengambil manfaat dari perkembangan teknologi blockchain. Untuk lebih memahami arti blockchain, mari kita lihat nomenklaturnya.

Block, yang berarti kelompok, dan chain, yang berarti rantai. Arti penamaan teknologi ini mencerminkan bagaimana Blockchain bekerja. Teknologi ini menggunakan sumber daya komputer untuk membuat blok-blok (rantai) yang saling berhubungan.

Blok-blok yang saling berhubungan tersebut kemudian digunakan untuk melakukan sebuah transaksi. Teknologi ini sangat menarik karena tidak terpusat. Blockchain dapat berfungsi sendiri menggunakan algoritma komputer, tanpa ada sistem tertentu yang mengendalikannya.

Perbedaan antara blockchain dan mata uang kripto

Mata uang kripto adalah sistem mata uang digital yang dilindungi oleh kriptografi. Artinya, mata uang tersebut tidak dapat dipalsukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Aset kripto ini menggunakan teknologi yang disebut blockchain. Jadi blockchain adalah database yang tidak bisa diganti atau diubah. Blockchain pada dasarnya adalah teknologi untuk menyimpan data digital yang terkait dengan kriptografi.

Keduanya berbeda, tetapi keduanya saling terkait. Crypto adalah mata uang digital dan blockchain adalah teknologi dan penyimpanan data digital yang terkait dengan transaksi cryptocurrency.

Kemungkinan aplikasi teknologi blockchain

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak cara untuk menggunakan teknologi blockchain di luar sektor mata uang kripto. Sektor utama yang dapat memanfaatkan teknologi ini adalah sektor keuangan.

Dalam sektor keuangan, teknologi ini diibaratkan sebagai buku kas digital yang dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja, tanpa perlu meminta persetujuan dari pihak atau lembaga keuangan pada umumnya, seperti bank.

Intinya, teknologi ini membuat semua transaksi menjadi lebih transparan dan aman. Dengan demikian, kecurangan data seperti penyuapan dan korupsi bisa diminimalisir.

Pada beberapa titik di tahun 2018, McKinsey membuat bagan tentang potensi blockchain di berbagai sektor lainnya. Mulai dari medis, pertanian, real estate, telekomunikasi dan media.

Sistem kerja blockchain

Secara sederhana dijelaskan, blockchain dimulai ketika sebuah blok menyimpan data baru. Sistem ini terdiri dari dua jenis catatan, yaitu transaksi dan blok. Fitur khusus dari teknologi ini adalah setiap blok berisi hash kriptografi, sehingga membentuk sebuah jaringan.

Fungsi hash kriptografi adalah untuk mengubah data blok asli menjadi string yang ringkas. String tersebut digunakan sebagai alarm deteksi ketika kemungkinan sabotase terdeteksi.

Sifat desentralisasi teknologi ini berarti bahwa tidak ada otoritas tunggal yang melakukan kontrol penuh, melainkan didistribusikan di antara setiap komputer di mana perangkat lunak khusus diinstal.

Ada yang disebut Bitcoin mining, orang-orang yang menyiapkan komputer khusus untuk melakukan perhitungan matematis untuk membuka block baru dalam blockchain. Mereka menghitung nilai hash baru berdasarkan kombinasi hash kriptografi sebelumnya.

Kemudian, ketika transaksi terjadi antara toko online yang menawarkan dompet Bitcoin dan pembeli, transaksi diteruskan ke penambang Bitcoin. Dengan cara ini, blok baru dibuat di mana dari setiap transaksi Bitcoin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *