Cara Cek Turnitin

Cara cek plagiasi di turnitin akan dijelaskan dan diuraikan pada pembahasan dari Khairpedia. Cek turnitin gratis yang resmi hanya bisa dilakukan di kampus atau universitas masing-masing, misalnya cek turnitin gratis di perpustakaan Universitas atau Perguruan Tinggi tertentu. Cara cek turnitin online gratis ini bisa dilakukan oleh mahasiswa langsung maupun oleh dosen atau petugas perpustakaan, sesuai dengan kebijakan masing-masing instansi atau lembaga.

Turnitin adalah program atau software berbasis bigdata yang berisi kumpulan berbagai karya ilmiah atau karya tulis insan akademik dari seluruh penjuru dunia. Meskipun bigdata turnitin yang digunakan seragam atau sama, namun local data pastinya berbeda dari setiap Instansi atau Lembaga, sehingga mahasiwa yang akan melakukan scan turnitin gratis diusahakan dilakukan pada satu petugas operator.

Cara Cek Turnitin (Detection System)

  1. Originality Check, merupakan proses pengecekan karya ilmiah atau karya tulis berupa makalah, paper, jurnal, skripsi, tesis bahkan disertasi yang diperoleh dari mencocokan kata, kalimat, paragraf, redaksi atau teks berdasarkan sekumpulan informasi yang terdapat pada database website atau repositories serta sekumpulan aplikasi yang ada pada website tertentu.
  2. Grade Mark, merupakan proses pengecekan karya tulis atau karya ilmiah berupa karya ilmiah atau karya tulis berupa makalah, paper, jurnal, skripsi, tesis bahkan disertasi yang bekerja dengan sistem digital (paperless).
  3. Peer Mark, merupakan proses untuk mengetahui hasil pengecekan yang ditentukan dengan proporsional berdasarkan keputusan guru/ tutor/ dosen.
  4. Grade Book, merupakan proses pengecekan secara online yang memungkinkan guru/ tutor/ dosen untuk memberikan tugas kepada individu maupun kelompok mahasiswa atau kelompok belajar.

Setelah melakukan cek turnitin, maka akan menghasilkan prosentase tingkat plagiasi, untuk bisa lolos cek turnitin maka tingkat plagiasi harus kurang dari 30%, bahkan ada Instansi atau Lembaga yang mempunyai standar lolos cek turnitin yaitu kurang dari 20% atau 15%, apabila lebih dari itu, harus dilakukan parafrase untuk menurunkan tingkat similarity.

Metode dan sistem penulisan ulang menggunakan prinsip kehati-hatian dan selalu mengutamakan orisinalitas, kerapian revsi dan anti plagiat. Apabila menggunakan jasa parafrase dari pihak lain, pilihlah yang menyediakan Jasa Lolos Cek Turnitin Bergaransi, Pasti Lolos Cek Turnitin, misalnya parafrase dari Khairpedia (082136081847). Sehingga diharapkan mampu memberikan kepuasan dan kebanggan tersendiri bagi kalangan akademisi saat melihat hasil karyanya yang pasti terhindar atau lolos dari plagiarisme.

Cara cek plagiarisme turnitin sebenarnya sangat mudah jika dilakukan sesuai dengan prosedur. Yaitu dengan cara submit atau upload dokumen (file) karya ilmiah seperti Jurnal, Skrispsi, Tesis dan Disertasi. Cek turnitin gratis sekali lagi hanya bisa dilakukan di Instansi atau Lembaga Perguruan Tinggi yang sudah mendapatkan lisensi resmi. Apabila cek turnitin dilakukan diluar Instansi atau Lembaga resmi, kemungkinan akan terjadi bias hasil scan, karena metode (prosedur) scan yang berbeda dari masing-masing operator dan database online maupun offline.

Tema, judul dan topik yang dipilih oleh penulis harus berbeda dan unik. Penulis harus bisa mengkaitkan atau menautkan dan menunjukkan informasi sumber redaksi, paragraf atau cuplikan dari berbagai sumber (footnote dan daftar pustaka) dalam karya tulis atau karya ilmiah. Berfikir kritis, menulis dan bekerja keras sepenuhnya untuk mendapatkan karya yang benar-benar orisinil atau asli.

Keterampilan menulis merupakan kemampuan dalam mentransfer atau mencurahkan sumber daya pikiran, ide dan data yang telah ditemukan atau dipikirkan. Hal tersebut dilakukan salah satunya dengan menunjukkan dan menulis daftar pustaka. Akan tetapi faktanya, setelah menulis dan dilakukan pengecekan plagiasi malah menghasilkan kutipan yang bernilai tinggi karena informasi yang diperoleh dalam penelitian atau karya tulis sering ditulis tanpa mengubah sumber langsung. Tingkat atau nilai plagiarisme/ plagiatisme mudah ditentukan dari program Turnitin dan dipelajari dengan cepat. Dan mudah.

Tata cara atau prosedur jasa parafrase atau jasa cek plagiasi hasil cek turnitin yang disediakan oleh Khairpedia adalah sangat mudah, cepat dan dapat dipantau perkembangan atau progress pengerjaan secara harian. Jasa parafrase dari Khairpedia sudah dikonsep sebagai jasa terbaik dan terpercaya karena fokus dan mengutamakan kualitas. Kelebihan lainnya adalah pasti bergaransi sampai lolos cek turnitin di Universitas, Kampus, Institut atau Politeknik.

Perkembangan era modern saat ini, jasa parafrase sangat dicari dan dibutuhkan dalam publikasi jurnal internasional oleh para dosen dan para mahasiswa yang melakukan penelitian maupun riset dalam menambah poin dan prestasi akademik. Sedangkan bagi  civitas akademi yang akan atau sedang menulis jurnal internasional dan mengharapkan bisa terindeks di Scopus maupun Web of Science. Kuantitas dan kualitas jurnal yang diterbitkan secara otomatis dapat meningkatkan atau menaikkan ranking atau nilai Kampus, Politeknik, Institut dan Universitas.

Prosedur supaya jurnal dapat diterima di Scopus dan Web of Science yaitu :

  1. Melakukan penerjemahan jurnal ke dalam Bahasa Inggris. Dapat melakukan penerjemahan jurnal secara individu atau pribadi, jika kesulitan maka dapat menggunakan jasa penerjemahan vice versa seperti Khairpedia (082136081847).
  2. Jika terjemahan sendiri, semua teks hasil terjemahan harus diteliti kembali dengan teliti dan hati-hati. Penulis harus mengerti penggunaan atau penulisan Bahasa Inggris dengan baik, jika kesulitan maka dapat menggunakan jasa proofreading dari Khairpedia yang sudah berkolaborasi dengan Pakar dan ahli yang sudah tersertifikasi S2 (Bahasa Inggris).
  3. Sebelum dilakukan submit ke Scopus dan Web of Science, perlu dicek tingkat plagiarism (plagiat/ plagiasi) atau tingkat similarity-nya. Jasa Cek Turnitin dari Khairpedia dapat digunakan (gunakan yang ada fasilitas garansi cek sampai lolos turnitin). Apabila skor plagiat-nya masih tinggi, maka harus dilakukan revisi redaksi atau revisi parafrase.

Keberhasilan Khairpedia adalah sukses membantu para pelanggan/ customer atau klien dalam menurunkan Skor Turnitin atau menurunkan similarity, yang semula mendapat skor di atas 30% – 40% – 50 %, bahkan semula ada yang sampai 80%. Setelah menggunakan Jasa Khairpedia, sukses dan berhasil menurunkan similarity menjadi di bawah 30%, dibawah 20% dan dibawah 15%. (Bergaransi pasti lolos, sampai lolos cek turnitin).

Jasa cek plagasi turnitin adalah komitmen Khairpedia untuk mendukung kualitas dan kuantitas literasi, pendidikan dan penelitian atau riset di Indonesia yang sudah sukses dan berhasil melayani wilayah Sumatera (Padang dan Lampung), Jawa Barat (Depok, Jakarta, Bekasi dan Bandung), Jogjakarta (Yogyakarta), Jawa Tengah (Solo/ Surakarta, Semarang, Kendal, Boyolali), Jawa Timur (Kediri, Surabaya, Malang), Bali (Denpasar) dan Kalimantan (Samarinda) sertta masih akan melayani dengan sepenuh hati ke seluruh penjuru negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *