Kuliah atau Kerja? Mana yang Lebih Penting

sumber: facetofeet (google)

Sebagian anak muda pasti banyak yang masih mempertimbangkan keputusan akhirnya pada saat menyelesaikan sekolahnya di tingkat SMA/K atau sederajat lainnya. Sebenarnya ini adalah sebuah pilihan dan langkah awal bagaimana kita akan menatap masa depan dan menyiapkan kehidupan tua kita nanti. Tida perlu untuk mengambil keputusan secara terburu-buru, diskusikan terlebih dahulu dengan orangtua kalian atau kerabat dekat yang kalian percaya.

Untuk saat ini memang sedang berlangsung seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi universitas atau perguruan tingkat nasional hingga swasta, tahapan pertama penerimaan mahasiswa melalui jalur undangan sudah diumumkan, tinggal jalur tes yang masih tersisa. Tidak perlu khawatir, cukup tenang menghadapi soal-soal yang diberikan dan percaya diri bahwa kalian sudah melakukan persiapan yang matang sebelumnya.

Memilih Kuliah Lebih Penting

Bagi kalian yang lebih mementingkan pendidikan, pasti kalian sudah memikirkan untuk melanjutkan ke tahapan kuliah dan bertekad akan langsung kuliah tanpa coba-coba melamar pekerjaan dulu. Dalam memilih untuk melanjutkan perkuliahan berarti kita akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan perkuliahan dengan baik hingga lulus menjadi sarjana, cari motivasi kuliah sebanyak mungkin dan pengalaman selama kuliah, karena itu tidak akan dapat kita rasakan di luar perkuliahan nantinya setelah kita lulus.

Jurusan kuliah yang kalian ambil juga harus tepat, jangan sampai mengambil jurusan yang salah dan terjebak selama 4 tahun untuk menjalankan kuliah secara “terpaksa” atau bahkan kalian akan memilih bolos kuliah terus menerus, akibatnya akan merugikan diri kalian sendiri.

Selain itu juga tentunya kita akan mendapatkan banyak relasi pertemanan hingga kenalan orang-orang kantor dari top level management jika kita beruntung, karena peran alumni akan membantu pada saat kelulusan kuliah dan saat kita ingin mencari pekerjaan juga. Tentunya yang terakhir kalian akan mendapatkan gelar sarjana yang harus kalian pertanggung jawabkan dengan baik-baik. Bahwa sebagai mahasiswa kita harus bisa menjadi “agent of change” dan membuat inovasi baru untuk bangsa Indonesia.

Sebagai catatan penting, jika kita bekerja setelah lulus kuliah. Kita akan mendapatkan jenjang karir agak mudah dibandingkan dengan mereka yang langsung bekerja tanpa kuliah, hal ini dapat kami katakan berdasarkan hasil survey pribadi.

sumber: glints

Kuliah Sambil Bekerja

Keputusan akhir ada ditangan kalian masing-masing pada akhirnya, jangan jadikan tidak ada biaya kuliah untuk tidak melanjutkan pendidikan. Setiap universitas baik negeri atau swasta pasti akan memberikan beasiswa bahkan hingga fully funded bagi siswa/i yang ber prestasi. Untuk yang tidak berprestasi pada masa SMA/K tidak perlu khawatir, kalian cukup buktikan 1 tahun pertama dan membayar kuliah sambil bekerja.

Dengan kuliah, kita memiliki banyak waktu luang yang dapat kita gunakan untuk bekerja part time di salah satu rumah makan, butik, ataupun yang lainnya. Ini tergantung kegigihan kalian dalam menghadapi kerasnya kehidupan, saat kalian berhasil menang dalam situasi yang serba tidak enak, percayalah kalian akan menikmati buahnya nanti. Atau mendekati akhir semester, kalian bisa mengikuti kerja praktek karena ini khusus bagi mahasiswa yang akan lulus.

Saat kalian memilih untuk bekerja sambil kuliah, harus diingat! Bahwa tujuan kalian melakukan kerja part time adalah untuk mendapatkan penghhasilan tambahan yang digunakan untuk membayar kuliah. Syukur-syukur itu bisa kalian gunakan sebagai biaya hidup sehari-hari. Jadi, kalian akan lebih termotivasi dalam menjalankan perkuliahan.

Kuliah itu penting, pendidikan emang tidak mengenal usia, sisi lain kita akan mendapatkan ilmu dan tambah pinter. Sisi lain juga sebagaisalah satu cara kita mencintai negara Indonesia ini adalah memberikan kontribusi yang baik dalam dunia pendidikan, agar negara kita tidak akan dpandang sebelah mata oleh negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *